Cara Flash HP Oppo 2023

Cara Flash HP Oppo
Teknohack.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara flash HP Oppo, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Yang dimana Oppo adalah salah satu brand besar di industri Smartphone. Oppo Electronics Corp merupakan produsen elektronik yang berbasis di Dongguan, Guandong, tiongkok yang masuk dalam deretan 10 besar brand Smartphone paling berpengaruh saat ini.

Oppo sendiri merupakan salah satu ponsel yang cukup terkenal dikalangan anak muda. Meskipun memiliki harga yang bisa dikatakan relatif miring, ponsel yang satu ini tergolong memiliki performa yang baik sehingga banyak yang menggunakannya saat ini.

Namun memang salah satu kendala yang mungkin ditemukan oleh para pengguna Oppo adalah ponsel yang mendadak menjadi lambat dan mungkin mengalami bootloop (gagal booting) ketika sedang di nyalakan.

Permasalahan pada Smartphone Oppo sebenarnya juga dialami oleh merk HP lainnya, dimana bootloop sendiri merupakan permasalahan HP Oppo hanya mengeluarkan logo Oppo saja.

Tentunya dengan adanya permasalahan seperti ini tidak bisa membuat anda masuk ke menu utama. Dimana permasalahan lain yang sering dialami ialah pengguna lupa akan password atau kunci pada HP nya.

Meskipun sekarang hal tersebut masih bisa diantisipasi dengan teknologi finger print atau sidik jari, akan tetapi bagaimana dengan HP Oppo lama yang tidak memiliki fitur ini?

Belum lagi dengan masalah lain dimana HP Oppo lemot yang membuat anda cukup kesulitan menggunakannya untuk chatting, telfon, membuka media sosial, bahkan HP lag pada saat main game.

Cara Flash HP Oppo

Untuk itulah bagi anda yang penasaran dengan caranya, yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini sampai selesai tentang cara flash HP Oppo.

1. Menggunakan Flashing Tool di PC

Cara Flash HP Oppo
Cara Flash HP Oppo dengan Flashing Tool di PC
Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan sebuah tools khusus untuk flashing ponsel Oppo melalui PC ataupun laptop yang anda gunakan.

Yang dimana, cara atau trik ini memang cukup direkomendasikan lho guyss, khususnya bagi para pengguna ponsel Oppo.

Berbeda dengan kebanyakan ponsel Android yang relatif mudah untuk di flashing, akan tetapi tetap saja anda tidak perlu khawatir.

Untuk lebih jelasnya, adapun kali ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan cara flash HP Oppo dengan Flashing Tool yaitu sebagai berikut:

  • Pertama-tama, silahkan unduh beberapa file berikut ini.
ROM Oppo yang sesuai dengan ponsel yang anda gunakan, silahkan unduh (Room Oppo).
USB Driver Oppo yang bisa anda unduh (Disini). Selain itu, anda juga bisa cari di mesin pencarian degnan kata kunci Oppo USB Driver.
SP Flash Tool yang bisa anda unduh (Disini).
  • Jika sudah, kemudian langsung saja anda ekstrak file ke dalam PC atau laptop.
  • Lalu letakkan semua file tersebut didalam satu folder agar anda tidak kebingungan pada saat proses flashing yaa guyss.
  • Lakukan Instalasi Driver, Instalasi Flashing Tool yang akan anda gunakan ke dalam PC anda.
  • Selanjutnya silahkan buka aplikasi SP Flash Tool yang sudah anda install tersebut, lalu klik Scatter-Loadin dan masukkan File Scatter yang berada didalam folder Firmware.
  • Bila file tersebut sudah sukses dimuat, maka langsung saja anda klik Download yang ada dipojok kiri atas.
  • Setelah itu sambungkan Smartphone dengan menggunakan USB ke PC.
  • Lalu matikan ponsel dan sambil terhubung via USB tekan Power Button + Volume Up bersamaan selama sekitar 10 detik.
  • Maka secara otomatis PC akan melakukan proses flashing dilakukan oleh PC. Jika sudah, anda akan mendapatkan pesan Download OK.
  • Jika sudah, maka ponsel akan melakukan restart dan proses sudah selesai yaa guyss.

Sebelumnya, kami mengingatkan anda bahwa proses ini bukanlah proses yang tanpa resiko. Selain memiliki resiko, proses flashing juga membuat seluruh data penting yang ada didalam ponsel akan terhapus.

Maka dengan begitu, alangkah baiknya anda langsung saja membuat back up sebelum melakukan proses flashing yaa guyss.

2. Menggunakan Memori Eksternal (SD Card)

Cara Flash HP Oppo
Cara Flash HP Oppo dengan Flashing Memori Eksternal (SD Card)
Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan sebuah SD Card. Dimana trik atau cara ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara pertama.

Tetapi bisa dicoba jika cara pertama belum berhasil menyelesaikan masalah yang anda. Yuk langsung saja simak langkah-langkah cara flash HP Oppo dengan Flashing Memori Eksternal yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh Firmware yang sesuai (Download Firmare Oppo).
  • Kemudian pindahkan Firmare yang sudah diunduh tersebut ke SD Card yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
  • Lalu matikan ponsel, dan isilah baterai ponsel hingga penuh atau setidaknya 60-70% dari daya maksimal.
  • Masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan Power Button + Volume Down selama sekitar 10 detik.
  • Dan tunggulah hingga muncul logo Oppo di layar.
  • Yang dimana, silahkan anda pilih English sebagai bahasa pengantar dan anda aakan masuk ke mode recovery.
  • Pilihlah Install From SD, lanjut dengan pilih From SD, dan kemudian pilih OS di SD Card yang sudah disiapkan tersebut.
  • Setelah itu anda bisa pilih Yes dan tunggulah hingga proses pembaruan selesai dilakukan.
  • Pilih Wipe data and Cache, pilih Yes. Maka dengan begitu, langsung saja pilih pilihan Reboot dan biarkan ponsel melakukan restart.

Yang dimana dengan menggunakan cara ini anda akan masuk ke Factory Mode, alias mode ketika anda pertama kali membeli ponsel yaa guyss.

Sebagaimana cara yang sudah-sudah, tentunya semua file yang ada didalam ponsel Oppo yang anda miliki akan terhapus.

Akhir Kata

Nah itu dia dua cara flash HP Oppo yang sudah kami bagikan diatas untuk anda, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Dan bagi anda yang ingin melakukan flashing pada HP Oppo namun belum mengetahui caranya, kami sudah mengulas triknya pada pembahasan diatas yaa.

Yang dimana, anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah kami sediakan tersebut dengan cermat agar anda bisa berhasil melakukannya.

Mungkin jika menurut anda informasi ini cukup penting, maka jangan lupa untuk membagikannya langsung ke akun media sosial yang anda punya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel